Dirgahayu HUT Pemkab Gresik & Hari Jadi Kota Gresik ke 521
Semoga Sukses Membangun Desa Menata Kota

Rabu, 27 Februari 2008

Tim Siluman Mulai Turun


untuk menilai kebersihan kantor dinas

$UARAHATI-news, Gresik - Seorang berpakaian dinas seragam coklat dari Dinas Lingkungan Hidup mulai turun ke lapangan untuk menilai kebersihan masing-masing dinas di lingkungan Pemkab Gresik, kemarin. Salah seorang dari tim itu tampak masuk keruang pimpinan untuk minta ijin. Dari pintu yang lain 4 orang membawa map dan seorang lagi dengan kamera ditangan sibuk menyisir, mencatat dan memotret berbagai temuan.

Setelah selesai barulah para perangkat kantor itu sadar bahwa baru saja kantornya dinilai kebersihannya oleh tim tersebut. Demikian sekilas gambaran dari tim penilai lomba kebersihan kantor dalam rangka HUT Pemkab Gresik ke 34 dan hari jadi kota Gresik yang ke 521. Rombongan tim penilai itu dipimpin Dra Suprapti dari Forum komunikasi Pekerja Masyarakat Gresik ini beranggotakan 4 orang masing-masing Solikin dari Unmuh Gresik, Nur Mufardah dari STIENU Gresik dan 2 orang yang lain dari Dinas Lingkungan Hidup dan Pertambangan Energi (LHPE) Gresik. Mulai hari ini Rabu (27/2) mereka akan masuk kebeberapa Dinas,
Badan, Kantor dan Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik.

“Sekitar 3 hari sejak hari ini, kami ditugaskan untuk menilai sebanyak 22 kantor yang ada di lingkungan pemerintah Kabupaten Gresik. Tidak ada pesan macam-macam, namun kami dibekali dengan beberapa kriteria yang katanya merujuk dari cara penilaian Adipura tingkat Nasional” ujar Suprapti didampingi Kabag Humas pemkab Gresik Drs. Mighfar Syukur, MM.

“Kami menyiapkan kamera untuk memfoto apa saja yang kiranya kurang atau yang kami nilai bagus. Hal ini sebagai bukti apabila nanti ada rasa ketidakpuasan dari apa yang kami hasilkan,” tambah Suprapti.

“Sampah ini sebaiknya tidak ditumpuk di halaman depan seperti ini, serta barang barang yang tidak terpakai bisa disimpan lebih rapi," lanjutnya menghimbau. Mendapat himbauan seperti itu salah seorang pimpinan salah satu kantor di kawasan Bunder ini mengangguk.

“Maaf bu, sampah ini belum sempat kami amankan, karena bak sampah yang baru kami buat belum kering. Kebetulan gudang penyimpanan kantor kami ada di luar, sedang barang-barang yang ada ini memang dalam taraf pembersihan, ternyata tim penilai sudah keburu datang," ujarnya mencoba beralasan.

Dari beberapa pemantauan pada penilaian tersebut masih banyak yang belum siap. Padahal lomba ini sudah kami sosialisasikan beberapa saat yang lalu. Poin pertama yang kami nilai adalah ruang terbuka hijau. Ternyata masih ada kantor yang belum memanfaatkan ruang terbukanya dengan menanam pohon penghijauan.

Sedang beberapa kriteria lain yaitu pengelolaan sampah, kebersihan kamar mandi, Mushollah, kantin, sanitasi dan saluran air, serta penataan parkir. Dari hasil ini akan diambil 3 kriteria masing-masing dengan predikat bersih, sedang dan kotor. Khusus untuk kantor dengan predikat kotor, maka pihak Pemkab Gresik akan memberikan bendera hitam. yan

0 Comments:

 

blogger templates | Make Money Online